Sabtu, 09 Februari 2013

Mencari Ilmu "versi Obrolan Islam"

Padang-Obrolan Islam,

Obrolan Islam kali ini akan mengangkat tema menuntut Ilmu karena ilmu adalah hal yang utama dicari oleh umat muslim. Jika kita hendak beribadah, kita harus tahu ilmunya. Jika kita hendak Sholat, kita harus tahu ilmunya. Jika kita hendak beribadah Haji, kita harus tahu ilmunya. begitu seterusnya, semua ibadah harus tahu ilmunya.


Menuntut ilmu diwajibkan kepada tiap-tiap umat muslim. Sesuai dengan firman Alloh "Tholabil'ilmi Faridhotun 'Ala Qullimuslimin" yang artinya "mencari ilmu itu wajib bagi umat muslim". Pepatah juga mengatakan "Carilah ilmu sampai ke negeri Cina" yang berarti kita harus menuntut ilmu sampai setinggi-tingginya.

Didalam Islam, ilmu yang wajib dipelajari adalah ilmu Al-Qur'an dan Al-Hadist. Sebelum kita beribadah sesuatu kita harus tahu akan ilmunya. Ilmu itu didapat dengan cara belajar Al-Quran dan Al-Hadist. Alloh melarang kita beribadah sesuatu jikalau kita belum mengetahui ilmunya.

Didalam Al-Quran dan Al-hadist di terangkan secara mendetail cara-cara beribadah, kita tidak perlu lagi menambah ilmu/bacaan kita dari Buku karangan orang lain yang belum tentu kejelasannya.

Didalam Al-Hadist Kutubusitah (hadist yang enam) yaitu Hadist Bukhori, Hadist Muslim, Hadist Abi Daud, Hadist Termizi, Hadist Ibnu Majjah, Hadist Nasa'i diterangkan berbagai cara-cara beribadah, do'a-doa, dan ilmu-ilmu lain.

Dapat ditarik kesimpulan, dengan mempelajari Al-Quran dan Al-hadist kita akan mendapat seluruh ilmu ibadah.

Demikian tulisan yang sedikit ini Obrolan Islam buat, semoga bermanfaat untuk kita semua... Amiiinn....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar